Simpan,Hapus, dan Melihat Konfigurasi pada Cisco

hallo teman teman pada kali ini kita akan belajar tentang Cisco Basic

 - melihat konfigurasi

Pada kali ini kita akan membahas tentang cara melihat konfigurasi cisco, lab ini ditujukan ketika kita bingung kita sudah mengkonfigurasi apa saja sih.

.

.

Dengan perintah show running kita dapat apa saja yang telah kita konfigurasi

.

.

Untuk perintahnya bisa kita terapkan di mode previllage ataupun di mode global configuration,tetapi ketika kita berada di mode global config dan mengunkan perintah dari previllag bisa kita tambahi perintah seperti berikut ini

.

do+perintah

contoh :

do show running-conffig

do show ip interface

do show vlan

Itu tadi adalah bagaimana caranya kita bisa melihat konfigurasi agar kita tidak binggung.


- save configuration / menyimpan konfigurasi

Jika kita sebelmunya membahas tentang membuat banner,konfigurasi waktu dan lain lain  dan lain hal nya pada lab ini,karena pada lab ini sangat penting.

.

Kenapa sih kok penting utnuk menyimpan konfigurasi  karena jika tidak menyimpannya konfigurasi yang telah kita buat akan hilang ketika device cisco nya mati. Dan awal dari konfigurasi itu berada di running config (RAM) maka dari itu kita harus menyimpan konfigurasi tersebut dengan cara memindahkan ke dalam startup config (NVRAM)

.

.

Untuk caranya adalah ketikan syntax/perintah  “copy running-config startup-config” atau bisa disingkat dengan “copy run start”

Maknanya ialah kita akan memindahkan atau mengcopy semua yang ada di running config ke dalam startup config. Atau bisa juga menggunakan syntax write atau wr saja cukup ketika di mode Previllage.

.

D:\Cisco\lab10\Screenshot_1.png

Saat kita selesai mengetikan perintah cop run start kalian bisa langsung enter . dengan cara diatas kita dapat menimpan konfigurasi walaupun router kita matikan.


- delete configuration / menghapus konfigurasi

Jika pada lab sebelumnya kita telah mencoba untuk menyimpan konfigurasi  maka kali ini kita akan melakukan konfigurasi sebaliknya yaitu menghapus konfigurasi. Tujuan dari lab ini ialah mengembalikan keadaan device menjadi default seperti belum di konfigurasi .

Berikut adalah cara untuk menghapus file konfigurasi yang sudah kita simpan di dalam startup

.

.

Dalam cisco untuk menghapus onfigurasi dengan cara mengetikkan perintah “write erase” atau bisa di singkat “wr er”

D:\Cisco\lab11\Screenshot_2.png

Setelah  kita hapus konfigurasinya selanjutnya ialah dengan me-reloadnya. Setelah di reload maka semua konfigurasi akan hilan dan device seperti sedia kala.




Postingan Populer