paparan anak anak dan remaja terhadap pemasaran makanan tidak sehat melalui platform digital di kanada
· Penerbit : Springer Link
· Jurnal : Bmc Public Health
· Artikel Ilmiah : Child and adolescent exposure to unhealthy food marketing across digital platforms in Canada
· Penulis : Monique Potvin Kent, Mariangela Bagnato, Lauren Remedios, Julia Soares Guimarães, Grace Gillis, Carolina Soto, Farah Hatoum & , Meghan Pritchard
Latar Belakang
Penelitian ini membahas mengenai paparan iklan makanan yang kurang sehat di wilayah kanada pada kalangan anak-anak hingga remaja. Platform digital, terlebih pada media social sering memunculkan iklan makanan yang kurang sehat. Penelitian ini adalah yang pertama di Kanada yang memperkirakan tingkat paparan anak terhadap iklan makanan tidak sehat melalui media digital, menggunakan protokol tangkapan layar yang dikembangkan oleh WHO. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan frekuensi, kesehatan, dan kekuatan strategi pemasaran makanan yang dilihat oleh anka-anak dan remaja melalui platform digital di kanada
Metode
Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang melibatkan 100 anak-anak dan remaja Kanada berusia 6-17 tahun. Para partisipan diminta menggunakan perangkat digital (smartphone/tablet) selama 30 menit dalam sesi online. Peneliti kemudian menganalisis semua iklan makanan yang muncul selama sesi tersebut, termasuk teknik pemasaran yang digunakan dan kesehatan dari produk yang dipromosikan.
Hasil
Kesimpulan
Studi penelitian ini menunjukan bahwa paparan iklan makanan tidak sehat di kalangan anak-anak dan remaja sangat tinggi di platform digital. Peran pemerintah sangat diperluklan untuk melindungi populasi yang rentan dari dampak negative iklan tersebut, terutama pada media sosial
referensi :
author : Andre Budi Setiawan