paparan anak anak dan remaja terhadap pemasaran makanan tidak sehat melalui platform digital di kanada

·       Penerbit : Springer Link

·       Jurnal  :  Bmc Public Health

·       Artikel Ilmiah : Child and adolescent exposure to unhealthy food marketing across digital platforms in Canada

·       Penulis : Monique Potvin Kent, Mariangela Bagnato, Lauren Remedios, Julia Soares Guimarães, Grace Gillis, Carolina Soto, Farah Hatoum & , Meghan Pritchard

 

Latar Belakang

 Penelitian ini membahas mengenai  paparan  iklan  makanan yang kurang sehat di wilayah kanada pada kalangan anak-anak hingga remaja. Platform digital, terlebih pada  media social  sering memunculkan iklan makanan  yang kurang sehat. Penelitian ini adalah yang pertama di Kanada yang memperkirakan tingkat paparan anak terhadap iklan makanan tidak sehat melalui media digital, menggunakan protokol tangkapan layar yang dikembangkan oleh WHO. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan frekuensi, kesehatan, dan kekuatan strategi pemasaran makanan yang dilihat oleh anka-anak dan remaja melalui platform digital di kanada

Metode

Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang melibatkan 100 anak-anak dan remaja Kanada berusia 6-17 tahun. Para partisipan diminta menggunakan perangkat digital (smartphone/tablet) selama 30 menit dalam sesi online. Peneliti kemudian menganalisis semua iklan makanan yang muncul selama sesi tersebut, termasuk teknik pemasaran yang digunakan dan kesehatan dari produk yang dipromosikan.

Hasil

Hasilpenelitian menunjukkan bahwa 51% anak-anak dan remaja terekspos pada iklanmakanan, dengan frekuensi paparan yang lebih tinggi pada remaja. Rata-rata,anak-anak terekspos pada 1,96 iklan makanan per 30 menit, sementara remajaterekspos pada 2,56 iklan per 30 menit. Sebagian besar iklan (83%) ditemukan dimedia sosial, dan jenis makanan yang paling sering diiklankan adalah makanancepat saji. Hampir 90% dari iklan makanan dianggap tidak sehat berdasarkanModel Profil Nutrisi Kanada 2018.

Kesimpulan

Studi penelitian ini menunjukan bahwa paparan  iklan makanan  tidak sehat di kalangan anak-anak dan remaja sangat tinggi di platform digital. Peran pemerintah sangat diperluklan untuk melindungi populasi yang rentan dari dampak  negative iklan tersebut, terutama  pada media sosial

 

referensi  :

https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85197280164&origin=resultslist&sort=plf-f&src=s&sid=c98bf047a47c7dbc66e89f0eb9301e51&sot=b&sdt=b&s=TITLE-ABS-KEY+%28digital+marketing%29&sl=33&sessionSearchId=c98bf047a47c7dbc66e89f0eb9301e51&relpos=7

author : Andre Budi Setiawan

Postingan Populer